7 Kekuatan Super Seorang Ibu

“I’m a single mom, what’s your superpower?”

Saya adalah seorang ibu tunggal dan itu adalah kekuatan super saya.

Kenapa saya bilang jadi seorang ibu tunggal adalah kekuatan super? Soalnya di film Spiderman, pernah ada yang bilang, “bersama kekuatan yang besar, datang juga tanggung jawab yang besar.” Sebagai ibu tunggal, saya jadi mama dan jadi papa. Jadi pengasuh sekaligus pencari nafkah. Kalau dilihat bagaimana saya bisa bertahan selama 17 tahun jadi ibu tunggal, saya merasa punya kekuatan super.

Memangnya apa sih kekuatan super seorang ibu?

  1. Multitasking. Yang ini sudah tidak diragukan lagi. Sesederhana menyetrika sambil nonton drakor. Atau WFH sambil menyusui anak. Semuanya bisa dilakukan seakan-akan tangan kita ada banyak atau kita punya kecepatan segesit The Flash. 
  2. Pantang Menyerah. Anak picky eater? Tenang, kita punya sejuta cara agar anak mau makan sayur. Kuali gosong? Tips dan trik menghilangkan kerak sudah menempel di kepala. Mbak pengasuh lapor kalau anak tidak mau tidur siang, kita juga bisa remote-parenting. 
  3. Intuisi. Seorang ibu bisa merasakan kalau anaknya sakit. Atau jika ada anggota keluarga yang membutuhkan bantuan. Saya yang cuek ini tidak memiliki intuisi secanggih teman-teman lainnya. Namun, saya yakin banyak mama di luar sana yang punya kekuatan super ini.
  4. Mampu mengangkat beban berat. Tidak percaya? Ketika si sulung tantrum namun si bayi tidak lepas dari gendongan, seorang ibu bisa mengangkat kedua anaknya. Kadang-kadang plus tas diaper yang masih diselempangkan. 
  5. X-Ray Vision. Mainan yang sudah dicari keliling rumah sampai kita lelah, bisa ditemukan oleh seorang ibu. Saya merasa sejak jadi mama, kemampuan saya mencari barang jadi meningkat. Begitu juga dengan menemukan uang yang terselip di kantong baju maupun celana.
  6. Memori tajam. Suka penasaran kenapa ibu bisa ingat kesalahan yang kita buat seabad yang lalu? Saya juga, sampai akhirnya Saya sendiri menjadi seorang ibu, dan menyadari bahwa ingatan ini menyimpan hal-hal yang tidak perlu. 
  7. Tiba-tiba Jadi Bisa. Dari yang tidak pernah bikin MPASI jadi tiba-tiba bisa masak. Dari yang tidak pernah bikin catatan keuangan, sekarang jadi melek investasi. Dari yang kebingungan kalau pipa bocor sampai bisa betulin sendiri. Jadi ibu ini mempercepat kemampuan kita adaptasi atau belajar sesuatu. 

Sebenarnya masih banyak lagi kalau dicari-cari, tapi saya rasa tujuh kekuatan super ini cukup mewakili. Ada yang mau share kekuatan supernya? 


Comments

Popular Posts