Kerjaan Apa yang Cocok Buat Single Mom?

Yang bisa di rumah, sambil jaga anak dan kalau bisa jam kerjanya fleksibel. Wah, kalau ada pekerjaan seperti itu, saya juga mau hehe. Bukannya nggak ada sih, cuma rasanya bakal sulit deh. Tapi barusan, saya iseng-iseng Googling, kerjaan apa sih yang cocok buat kita para single mom ini? 

Photo by Jep Gambardella (Pexel)

Lalu ini jawabannya, menurut salah satu situs pencari kerja, Indeed:

Pekerjaan apa yang cocok untuk single mom?

Generalis:

Phone interviewer

Phone interviewer ini kerjanya memvalidasi data atau melakukan research untuk keperluan marketing research. Namun sayangnya, di Indonesia, ini biasanya dilakukan oleh karyawan perusahaan/outsource dan bukan freelancer.

Babysitter / Childcare Provider

sambil jaga anak di rumah buka juga jasa day care. jadi bisa titipin anak tetangga, atau anaknya teman. Apalagi kalau tempat tinggal kita di daerah strategis. lumayan kan bisa terus sama anak sambil cari uang.

Data entry

Pekerjaan data entry bisa dilakukan secara freelance. Biasanya ada jumlah input data yang ditargetkan. sementara waktu kerjanya bebas. Hanya saja pekerjaan ini memakan waktu, karena biasanya data yang dikumpulkan harus sekitar 100 atau lebih sebelum kita bisa mencairkan uangnya.

Sales, Agen Real Estate dan Reseller atau Dropshipper

Kerjanya jualan. Biasanya cocok dikerjakan karena jam yang fleksibel, asalkan target tercapai. Masalahnya, targetnya ini biasanya membebani. Bisa dilakukan siapa saja, namun jika memang bukan “bakatnya”, mungkin akan bikin stress.

Customer Service & Admin Online Shop

Pekerjaannya akan berhubungan dengan menjawab pertanyaan & complain dari pelanggan. Terlihat mudah dilakukan, tapi kalau sedang banyak masalah, mendengarkan complain bisa bikin tambah terpuruk. 

Virtual Assistant

Tugasnya membantu klien mengerjakan tugas administratif dari jarak jauh. Bisa dikerjakan secara remote tapi memerlukan skill administrasi atau skill spesifik lainnya. Biasanya klien menyukai yang sudah punya pengalaman sebagai personal assistant atau sekretaris.

Spesialis

Blogger

Datang ke event, terima content placement di blog-nya, atau mendapat endorse barang dan review. Hanya saja, nge-blog ini perlu modal, baik dalam segi skill menulis atau blog yang sudah dikelola dengan baik. Lebih bagus lagi kalau kita sudah punya domain berbayar sendiri sehingga klien lebih percaya.

Copywriter / Social Media Manager

Copywriter menulisnya lebih pendek, misalnya caption Instagram, promosi di Banner,  atau tagline. Bisa dimulai dari lingkungan sendiri, misalnya menuliskan caption instagram teman (copywriter) atau sekalian mengelola IGnya (social media manager). Copywriter juga membutuhkan skill khusus yaitu menulis, dan sebaiknya memiliki portfolio. 

Graphic Designer

Cocok karena biasanya tidak membutuhkan terlalu banyak meeting / tektokan yang intense. Setelah menerima brief, lalu mengerjakan dan menyerahkan hasil. Namun pekerjaan ini membutuhkan skill dan portfolio.

Web Developer

Membuat website dari awal atau mengembangkan website yang sudah berjalan. Membutuhkan skill coding dan sejenisnya. Namun skill ini bisa dipelajari secara otodidak.

Tutor / Guru Bimbel

Jago di pelajaran tertentu dan senang mengajar? Coba jadi guru bimbel atau tutor. Bisa dilakukan secara online dengan waktu mengajar yang sesuai dengan jadwal kita.


Comments

Popular Posts