Stop! Jangan Salahin Gadgetnya

“Makanya, anak jangan dibiarin main gadget terus.” 

Gara-gara gadget, Dudu pakai kacamata. Gara-gara gadget, nilai Dudu jelek. Gara-gara gadget, Dudu suka nggak nurut. Semuanya salah gadget. Emang bener begitu?




Pernah denger ada kampanye yang ngajak orang tua buat nggak salahin lantainya kalo anak jatuh? Kayak bilang “lantainya nakal” dan semacamnya. Atau mungkin pas anaknya jatuh tersandung mainan, kita nyalahin si mainan yang ada di situ. Buat saya, ini kurang lebih sama: nyalahin gadget pas nilai si anak jelek. Lalu yang salah orang tuanya?

Nah kan, kalau bukan salah gadget, trus jadi salah orang tuanya. Kok malah jadi cari-cari kesalahan? Gimana kalo ternyata emang anaknya sendiri yang salah? Kita sebagai orang tua emang cenderung melindungi si anak. Anak-anak kita perfect, dan kalau ada flaws pasti kita yang salah didik atau salah gadget yang emang harus muncul dalam kehidupan mereka karena tuntutan teknologi. Gimana mau mencegah mereka kenal ponsel kalau tugas sekolah harus dikerjakan lewat apps? Atau pas mereka harus janjian bikin tugas bareng dan googling bahannya? Dalam banyak hal, gadget ini justru menolong saya ngebantuin Dudu belajar.


Saved from 9GAG
Saya paling sebel kalo udah detik-detik ujian dan bagi raport. Soalnya nilai Dudu pas-pasan. Dan pasti saya, sebagai Mama super cuek, disalahin karena membiarkan si anak mengatur sendiri waktu belajarnya. 

“Lo nggak buat soal?”
“Nggak.”
“Trus anak lo belajarnya gimana? Dia les?”
“Nggak juga.”
“Trus?”
“Ya paling ngulang dari soal yang dikasi sekolahan.”

Saya langsung dipelototin “YOU MUST BE CRAZY” oleh teman saya itu. Ya, trus mau gimana lagi? Saya nggak ngerti pelajaran Dudu yang pakai Bahasa Inggris. Apalagi matematika. Pakai bahasa Indonesia aja, saya nggak mudeng apalagi bahasa asing. Mau les juga bingung di mana, siapa yang nganter dan biayanya mahal. Kasian juga anaknya dipush terus ntar sampai rumahnya malam. Saya tahu kok dia berusaha dan seringkali malah mengeluh, “Saya ini memang sepertinya anak bodoh ya, soal seperti ini saja tidak bisa.”

Kan saya jadi kasian ya.

Ada kalanya dia berhasil, nilainya membaik dan meskipun masih jauh dari ranking 1, tapi setidaknya nggak merah. Dan yang membanggakan buat saya adalah semua pencapaian itu terjadi karena kesadaran diri si Dudu sendiri. Bukan karena saya sibuk jadi polisi.

“Iya emang. Gue kalo besoknya ada ulangan sih, gadgetnya gue sita.”

Saya kebalikannya. Saya akan duduk depan laptop bersama dia dengan tumpukkan soal latihannya, menemukan kesulitan belajarnya lalu mencari referensi di internet yang menarik dan pakai gambar warna-warni supaya perhatian dia. Keyword favorit saya adalah “and zombie”. Jadi saya akan mencari “simple, complex, compound sentences and zombie” di Google dan menemukan beberapa cerita zombie yang membantu Dudu mengerti perbedaan jenis kalimat tersebut.

Salah satu yang saya pakai kemarin pas Dudu mau ujian Cambridge adalah Sentence Structure With A Dash Of Zombie by Terry Mclean, tulisan seorang guru bahasa Inggris di MacEwan University in Edmonton, Alberta, Canada

Linknya saya whatsapp ke dia dan dia akan belajar lewat HPnya. 


Materi pelajaran kayak gini yang saya cari di internet

But that’s me.

Trus saya melirik si Dudu yang duduk manis di pojokan sambil main HP. Si Dudu udah belajar seharian kemarin, PRnya udah diberesin juga hari Jumat. Nggak ada salahnya dong kalo di hari Minggu sore ini dia main gadget meskipun besoknya ada ujian. Toh begitu hari mulai gelap dia bakalan menghampiri saya yang masih ngerumpi bareng Mama lain ini buat ngajak pulang karena “besok saya ulangan, Ma.”

My friend said I live in a parallel universe, where the mother and son role are at reverse.

Suatu malam, saya menemukan meja depan TV bersih. PS4 berwarna putih yang biasanya ada si sana menghilang.

"Mama, Playstationnya saya simpan ya soalnya saya mau fokus belajar untuk ujian."

Saya bengong.

Lah, kan saya baru beli game Street Fighter baru buat dimainin.

"Mama juga tidak boleh main game, jadi ini saya simpan dahulu ya."

Trus si Dudu ngambil game bersampul muka Ryu dari tangan saya dan melemparkannya ke kolong tempat tidur, tempat di mana dia menyimpan PS4nya.

"Yang ujian kan kamu, kok Mama ikutan ngga main PS?"
"Mama ini bagaimana sih, harus mendukung saya dong."

Yahhhhh….

Comments

  1. Hahaha..., lebih galak anaknya daripada mamanya, hehehe...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts