Bisa Kok Berteman Baik Sama Anak

“Eh, gue pengen bisa kayak elo. Jadi kayak temen sama anak.”
“HAH? Wait. Tunggu sebentar. Are you sure?”
“Iyalah. Lo sama anak lo akrab banget gitu. Udah kayak temen. Gimana caranya sih?”


Saya selalu menganggap diri saya bukan contoh yang baik bagi orang tua pada umumnya. I’ll be honest and frank from the start. Saya punya anak (dan jadi single mom) di usia 22 tahun. Menjadi orang tua bukan sesuatu yang saya rencanain atau sesuatu yang saya tunggu-tunggu, jadi selama ini saya cuma go with the flow. Yang menurut saya baik ya saya kerjain. 12 tahun lalu juga sosial media yang hits baru Facebook doang. Makanya Dudu nggak jadi selebgram cilik (eh, ups, keceplosan) dan kita berdua hidup sebagai warga biasa di tengah lautan keluarga pada umumnya.

Mungkin karena saya yang lebih dulu punya anak dibandingkan teman-teman sebaya, begitu ada yang nikah trus hamil kadang saya lantas jadi tempat bertanya. Cuma sayangnya pengalaman hamil dan melahirkan saya cenderung tanpa drama karena kehebohannya ada pada fakta bahwa saya bakalan jadi single mom habis ini. Di negeri orang pula. Sambil kuliah pula.

“Lo dulu hamil mual nggak?”
“Nggak. Lo mual?”
“Iya nih.”
“Makan crackers asin. Siapin aja di samping tempat tidur lo. Kalo pagi bangun, sebelum lo duduk, makan dulu saltine crackers itu. Baru lo bangun dari tempat tidur dan minum air putih.”

Temen saya pasang muka bingung.

“Dulu OBGYN gue pernah bilang gitu, mual itu karena perut lo kosong, jadi bangun pagi ga boleh kosong.”

Entah gimana nasihat tersebut ampuh buat temen yang bersangkutan. Ternyata ada gunanya juga hamil duluan, eh ini maksudnya dibandingin temen-temen sebaya lho. Jadi paling nggak, saya bisa bantu orang dengan sharing pengalaman dan nasihat yang pernah saya dapetin. But again, saya nggak pernah menganjurkan jalan hidup dan gaya parenting saya pada orang tua kebanyakan.

“Tapi gue liat lo sama Dudu asyik banget.”

Kalo dibilang gitu, ya memang sih. Mungkin karena saya masih muda waktu jadi Mama. Mungkin karena waktu itu saya sempat sendirian merawat Dudu di Amerika. Mungkin karena orang tua saya nggak banyak ikut campur dengan cara saya merawat Dudu. Mungkin karena saya nggak punya pasangan, bukan istri orang, jadi perhatian saya buat Dudu nggak kebagi. Mungkin karena saya masih tinggal sama orang tua dan nggak usah pusing ngurusin rumah.

But maybe I can share this.

Kenapa saya bisa jadi kayak teman sama Dudu? Pertama, Papa saya selalu menganggap anak-anaknya teman diskusi. Jadi hubungan saya dan orang tua saya juga nggak selalu vertikal. We use “gue-elo” at home most of the time. Jadi saya dan orang tua saya pun nggak formal hubungannya. Kedua, waktu saya hamil, saya belum punya rencana jadi orang tua. Jadi meskipun saya statusnya “Mama,” saya belum siap jadi “nyokap”. Yang ada di pikiran saya malah, here comes my partner in crime yang bisa dajak traveling haha. Jadilah hubungan saya dan Dudu bentuknya santai. So, maybe, konsep berteman dengan anak itu emang udah ada di culture keluarga saya trus ditambah niat dan tujuan saya dari sejak Dudu lahir. 



One thing I learn about parenting is that it’s personal. Jadi yang cocok buat saya blom tentu pas buat orang lain. Saya juga nggak persis ngikutin cara kedua orang tua saya mendidik anak-anaknya kok. Ambil aja apa yang pas, sisanya improvisasi. Kalau ada pasangannya, ya cari titik tengahnya lalu improvisasi berdua. Saya dan Dudu mungkin bisa jadi teman dalam banyak hal. Saya curhat kerjaan kantor, Dudu curhat PR dan sekolahan. Saya curhat cowok Tinder, Dudu curhat cewek-cewek di sekolahnya. Saya curhat Korea, Dudu curhat game zombienya yang mentok. Saya cerita hampir semuanya. Nggak sekaligus sih, karena kalo saya ngomongin cowok Tinder pas dia umur 8 atau 9 pasti belum mudeng juga anaknya. Eh, Tindernya udah ada belum ya waktu itu? Hahaha. Tapi seberapa terbukanya orang tua pada anak juga kembali lagi ke kenyamanan dan budaya di keluarga tersebut. Kalo memang Mama (dan suami) bukan tipe yang curhat macem-macem ya nggak usah dipaksain. Mungkin bisa jadi teman dengan cara lain, misalnya nyobain nonton film pilihan dia di bioskop. Sama aja sih, kayak waktu jaman pacaran dulu. Cuma dulu sama si Papa/Daddy/Abi, sekarang sama anak. Dan kalo dulu si Papa/Daddy/Abi sudah otomatis sejajar dengan kita karena sama-sama adult, dengan anak kita kudu nahan diri sedikit biar nggak berubah jadi “ibu suri.”

Kayak saya dan Dudu. Yang mau mutusin ngedate ke mana pas Saturday lunch aja susah banget. Padahal pilihannya cuma antara dua restoran sushi di mall yang sama. Bisa sih kalo saya mau ngotot bahwa saya Mamanya dan saya lebih tau, cuma itu bukan ngedate dong. Coba kalo begitu sama pacar. Kan pasti pacarnya kesel. Anak juga begitu deh kurang lebih.

Itu baru Sushi.
Coba jodoh. Hahahaha.

Comments

Popular Posts